Sabtu, 26 September 2009

Aneka Buah Tropis Jangkang


Saya juga punya onderneming (perkebunan) karet di Jangkang. Tidak besar, cuma 4,5 hektar. Latar belakang pondok saya dan saya sedang membelakangi perkebunan.


Jangkang tak hanya kaya budaya dan kearifan tradisional. Wilayah yang penduduknya menuturkan bahasa "Bokidoh" ini juga kaya aneka buah tropis.

Libur Agustus lalu, pas musim buah tropis. Saya sangat menikmati buah yang sangat tidak pernah ditemukan di Jakarta dan tempat lain. Ada kawai, mentawa, sibo, tasam yang bukan saja lezat tapi juga semerbak harum wanginya.

Pernah lihat buah kayu besi? Ternyata, besar-besar. Saya sempat menjepretnya, sekalian dengan daun dan batang pohonnya.

Inilah beberapa di antaranya.






Mentawa nama buah ini. Aduh, nikmatnya. Mana bijinya enak jadi lauk, apalagi jika dicampur tempoyak. Kawai nama buah tropis ini, mirip durian daunnya tapi lebih lebar. Hanya saja, enak kalau dimakan mentah, renyah, ketimbang ketika sudah matang. Inilah buah kayu besi. Ternyata, besar ya? Sebesar lengan orang dewasa.

Tidak ada komentar: