Senin, 06 April 2009

Excellence: Inspirasi dan Kiat Meraih Mimpi

Ini merupakan kata pembuka (prawacana) buku bertajuk Excellence, terbitan CYAN-Marshall Cavendish, yang dieditori oleh J. Pincott, New York. Edisi Indonesianya diterjemahkan saya dan Dr.Ati Cahayani, M.M. Kini dalam proses pencetakan oleh salah satu penerbit terkemuka yang bermarkas di Klaten, Jateng.

Yang unik, pakar fisika dan pengantar peraih medali emas olimpiade fisika Indonesia, Prof. Yohanes Surya berkenan memberikan kata pengantar. Tentu, bukan tanpa alasan. Bukankah salam sang profesor biasanya mulai dengan "Hebat luar biasa", atau excellence? Hanya prawacana ini saja yang saya terbitkan, sekadar mengantar pembaca masuk apa yang menjadi central idea buku itu. Silakan nanti menyelisik secara detail dalam buku cetakan, jika Anda ingin hebat luar biasa!


PRAWACANA

Filsuf Immanuel Kant, suatu ketika berkata, ”Semua alasan saya, baik spekulatif maupun praktis, termaktub dalam tiga pertanyaan berikut:
1. Apa yang dapat saya ketahui?
2. Apa yang harus saya lakukan?
3. Apa yang dapat saya harapkan?”

Sepanjang rentang sejarah umat manusia, jawaban praktis atas pertanyaan itu bergantung pada lingkaran kelahiran berikut: kelas, ras, agama, gender, dan lokasi geografis. Bagi banyak orang, pencapaian pribadi adalah sesuatu yang tidak terpikirkan. Mereka tidak ingin menambah pengetahuan baru dan sedikit berharap. Itu sebabnya, mereka tidak dapat melakukan banyak hal.

Waktu telah bergulir.

Kini, seiring dengan perubahan dunia, barangkali jawaban atas pertanyaan Kant berbunyi, ”apa saja dan setiap hal.” Seseorang yang punya kesempatan untuk meraih pengetahuan. Seseorang mungkin berupaya melakukan pekerjaan yang berguna. Seseorang mungkin meraih sukses dan kepenuhan diri. Pendek kata, seseorang mungkin berharap untuk menjalani kehidupan yang hebat luar biasa.

Buku ini berisi kiat untuk meraih sesuatu yang luar biasa!

Hebat luar biasa (Excellence) adalah koleksi lebih dari 400 pemikiran orang-orang hebat seluruh dunia, pada rentang sejarah umat manusia, dalam berbagai bidang keilmuan. Di dalamnya, para eksekutif puncak perusahaan, paus, penyair, aktor, direktur, pengusaha, politikus, dan banyak orang hebat lainnya yang sangat dihormati dalam bidangnya berbagi pengalaman dan memberikan saran-saran yang berharga.

Ditulis dalam berbagai format seperti wawancara, tulisan otobiografi, publikasi noncetak, dan berbagai sumber, saya coba mengambil saripati dari apa yang mereka maksudkan dengan ”luar biasa”.

Dalam memperbicangkan topik ini, maka jawaban pada pertanyaan yang sangat penting diajukan ialah: Bagaimana sejatinya seseorang meraih sesuatu yang luar biasa? Pola pikir seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi orang luar biasa? Siapa yang sebenarnya dapat disebut sebagai orang yang luar biasa? Apa yang dimaksudkan dengan luar biasa?

Kita akan berjumpa dengan banyak kejutan. Meski ambisi, ketekunan, keuletan, dan keberanian mengambil risiko adalah fondasi, berbagai kebajikan lainnya masih perlu mendukung sesuatu yang disebut dengan luar biasa itu. Luar biasa yang sejati –yang akan menjadi prasyarat sukses finansial dan karier—menuntut dari Anda juga agar tetap bertindak etis, komunikatif, berpikiran luas, penuh makna, dan tentu saja ugahari. Tema-tema itu dan hal yang terkait dengannya akan dibahas dalam buku ini.

Maka baca buku ini untuk memeroleh inspirasi. Selalu camkan dan petik hikmahnya dalam berbagai kesempatan. Dan begitu Anda membacanya, terapkan refleksi Kant pada pencarian pribadi Anda akan sesuatu yang luar biasa: Apa yang dapat saya ketahui? Apa yang harus saya lakukan? Apa yang dapat saya harapkan?”

J. Pincott, New York

Tidak ada komentar: