Selasa, 19 Januari 2010

Buah Tropis Kalimantan


Kalimantan, atau tempo doeloe dikenal dengan julukan Borneo, diciptakan Tuhan sembari tersenyum. Selain subur, kekayaan alam dan hutannya luar biasa. Buah tropis, yang tidak ditemukan di tempat lain, ada di sini.

Musim buah raya, duren bukanlah buah nomor satu. Kalah dengan kelezatan dan keunggulan aneka buah tropis lainnya. Di pedalaman Kalbar khususnya, mentawa dan tasam (saya masih mencari nama latinnya) menggeser kedudukan duren.

Duren yang berlimpah ruah, tidak termakan, akhirnya dibuat tempoyak dan lempok. Ingin tahu seperti apa buah dan pohon tasam yang aromanya sedap dan cita rasanya perisa?



Tasam bukan sama dengan cempedak. Cempedak berbuah di pohon dan dahan, sedangkan tasam di ujung. Lagipula, daun tasam lebar, selebar kertas A-4, berbentuk tangan manusia.

Buah tasam punya tangkai yang bila kulitnya dikupas terlihat isi (biji) putih bersih. Isinya akan mengelupas mudah bila sudah matang, tinggal bijinya yang sebesar kacang tanah dikeluarkan dengan gigi atau lidah. Mirip peluntan, bagi yang mengenal jenis tanaman buah ini. Namun, tetap beda.

Penasaran? Pergi ke Kalbar saat ini juga, sebab sedang musim buah raya. Terserah sanggup makan berapa banyak, tinggal petik saja ke hutan.

1 komentar:

Mas Didik mengatakan...

jadi pingin nyicipin neh